Sunday, February 17, 2008

Oleh-oleh dari Kanada

Tiga bulan dua minggu di Kanada. Karena gua pulang dengan tangan hampa, dalam artian gak bawa oleh-oleh yang biasanya berupa gantungan kunci, magnet kulkas, atau t-shirt, oleh-olehnya dalam bentuk cerita aja ya?

Gua sampai di Montréal hari Kamis, bulan Oktober 2007. Hari itu di Boston subuh-subuh banget gua udah bangun (subuhnya gua tuh jem 6...). Dari rumah temen gua jalan kaki sekitar 15 menit ke stasiun Harvard Square. Di luar masih semi gelap dan sedikit berkabut. Tas beroda satu, tas laptop satu. Kali ini gua lebih pinter ngatur barang bawaan biar ga heboh sendiri kayak pedagang kelontong keliling versi taon lalu di Eropa.

Perjalanan pakai bis dari Boston ke Montréal memakan waktu sekitar tujuh jam. Pertama-tama melalui highway - sedikit bosan - tapi gak lama kita udah meluncur di jalanan yang kanan kirinya hutan yang cantik banget pohon-pohonnya, berhubung waktu itu musim gugur. Sibuk deh gue potret sana sini dari balik kaca jendela... gak pernah sih ngeliat pohon yg warna daunnya pink semua! Sayangnya si supir bis rada ngebut jadi kebanyakan foto-foto tersebut akhirnya berakhir di tong sampah juga. Yang penting memori dong memori...

Berbekal instruksi dari Lana (flatmate gua disana), dari stasiun Berri-Uqam gua pun naik metro ke Place-des-Arts, dan dari sono naik bis 80 sampe ke rumah. Ada kejadian nyebelin disini. Pas gua naik bis, si supir kagak punya kembalian, padahal duit gua cuma $5, dan tiketnya $2.75. Siake. Mau gak mau turunlah gua dan dua anak gua, masuk lagi ke stasiun, dan nyari duit kecil.

Rumah gua disitu terletak di Avenue du Parc (atau bisa juga disebut Park Avenue). Gua sih lebih suka nyebut dengan nama yang pertama, biar kedengeran lebih sexy. Parc ini panjang banget dan, menurut instruksi si Lana, gua mesti pencet bel setelah ngelewatin Rue St-Viateur. Kedengerannya gampang kan? Iya gampang emang sebenernya... kalo elo bisa baca jauh. Masalahnya, gagang kacamata gua bengkok dan gak bisa dipake secara layak. Mesti dipegangin. Jadinya tiap kali gua ngeliat bakal ada nama jalanan di depan baru gua pake itu kacamata. St-Viateur bukan nih? Oh bukan. Copot lagi. Ulangi kira-kira sepuluh kali.

Gak lama akhirnya gua nyampe juga. Reaksi gua pertama kali (dalam hati) pas masuk ke rumah adalah, "Walah gua masuk ke sarang hippies!" Di salah satu sudut ruang tamu ada sekumpulan tanaman berbagai jenis. Di salah satu sudut yang lain ada berbaris-baris piringan hitam. Di atas kulkas ada patung kepala Elvis yang sorot matanya rada... nyeremin. Namanya juga Elvis, and Elvis is dead! Untungnya kamar gua ga nyeremin. Untuk pertama kalinya dalam hidup gua, gua punya ranjang loft! Seneng banget gua. Pasalnya waktu gua masih ingusan, gua sering banget melobi bokap nyokap untuk beli ranjang susun. Yang lebih oke lagi, di atas ranjang sono ada tempat kecil untuk membaca, dimana ada rak buku kecil-kecilan dan lampu. Imut banget deh, serasa di rumah pohon.

Malam pertama di Montréal gua pergi ke semacam Poetry Reading Evening di Sala Rosa, sebuah restoran Spanyol di Blvd St-Laurent, bareng dua flatmate baru gua. Yang bikin acara itu adalah anak-anak dari University of Concordia. Walhasil disana gua cuci mata.

Malam itu cuaca di Montréal menyenangkan, sekitar 20 derajat. Dalam perjalanan pulang kita mampir di dépanneur (istilah lokal untuk convenience store) dan Chesky's, toko kue milik orang Yahudi yang bikin cheesecake enak banget.

to be continued...

1 comment:

L A Cammaro said...

if all else fails... i think you should be a comedian hahahaha
jam 4 pagi gue ngakak2 bacain cerita elo nih dasar perempuan sinting!!! gimana bahasa perancis loe???? dah licin belon??? pasti cowo baru loe bule perancis deeeee....